Manusia Tertinggi Di Indonesia Asal Lampung

{ Posted on 2:00 AM by KomunitasBloggers }

Inilah Suparwono manusia tertinggi di Indonesia asal Lampung.

Meski telah tercatat di Musium Record Indonesia sebagai manusia tertinggi di Indonesia, namun Harapan Suparwono, 24, supaya namanya bisa dicatat sebagai manusia tertinggi di dunia dalam Guinness Book of World Records tidak kesampaian. Sebab, buruh tani warga SP 8, Desa Tri Tunggal Jaya, Gunung Agung, Tulang Bawang, Lampung, itu ternyata lima sentimeter lebih pendek bika dibandingkan dengan pemegang rekor manusia tertinggi di dunia saat ini, yakni Sultan Kosen.

Warga Turki itu memiliki tinggi tubuh 2,47 meter. Kosen masuk Guinness Book of World Records sejak September lalu setelah ’’mengalahkan’’ Bao Xishun, warga Tiongkok, yang setinggi 236,1 cm.
Sebelumnya, Suparwono diklaim setinggi 270 cm atau lebih tinggi ketimbang Kosen. Ada pula yang menyebutkan, tinggi mantan pemain salah satu klub basket di Surabaya itu 271 cm.
Hasil pengukuran resmi yang dilakukan Museum Rekor Dunia Indonesia (Muri) kemarin (2/12) sama sekali berbeda. Muri mengukur tinggi Suparwono ’’hanya’’ 2,42 meter. Acara pengukuran di Jakarta itu juga dihadiri pendiri Muri yang juga bos Pabrik Jamu Jago Jaya Suprana.
Jadi, Suparwono tidak memenuhi kualifikasi untuk masuk Guinness Book of World Records. Tetapi, pengukuran tersebut sudah cukup menjadikan dia sebagai manusia tertinggi di Indonesia.

’’Tim kami dari Muri telah mengukur Suparwono dalam posisi berbaring maupun berdiri. Hasilnya, dia memiliki tinggi tubuh 2,42 meter,’’ terang Direktur Muri Ngadri, seperti dikutip AFP. ’’Kami menerima banyak laporan pagi ini, termasuk hasil pengukuran dari rumah sakit, yang menyebutkan bahwa dia setinggi 2,71 meter. Tetapi, kami tetap berpegang pada pengukuran kami,’’ tegasnya.

Terlepas dari tidak masuknya suparwono menjadi manusia tertinggi didunia, setidaknya dengan ukuran tinggi suparwono sekarang, suparwono telah memegang rekor manusia tertinggi di indonesia, yang tentunya telah dapat menjadi suatu yang membanggakan baginya karena dirinya telah terukir disejarah.

Suparno juga mengatakan kadang dirinya merasa bangga dengan tinggi tubuhnya, dan kadang pula dia merasa tidak nyaman karena tidak bisa hidup seperti manusia normal. Ia mencontohkan kesulitannya masuk bus umum atau mencari ukuran pakaian dan sepatu yang sesuai. Saat pamit ke gubernur Lampung saja, dia tidak menggunakan alas kaki karena tidak menemukan sepatu atau sandal berukuran 64.

Saat ini Suparwono tinggal bersama orang tuanya dan menjadi buruh tani. Dia kadang bekerja secara serabutan untuk mendapatkan penghasilan. ’’Dalam sehari, saya menghabiskan tiga kilogram beras dan sedikitnya 15 butir telur,’’ tuturnya.

No Response to "Manusia Tertinggi Di Indonesia Asal Lampung"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dalam Batas Wajar

Related Posts with Thumbnails

Followers