Sakit Maag Dan Cara Mengatasinya

{ Posted on 2:35 PM by KomunitasBloggers }

Maag sendiri merupakan kosa kata Belanda yang berarti lambung, yang kemudian di Indonesiakan menjadi mag. Jadi, sakit maag sebenarnya adalah sakit lambung. Umumnya, penyakit yang sering terjadi pada orang bergolongan darah O ini berupa radang selaput lendir (mukosa) lambung (gastritis) atau luka mukosa lambung (gastric ulcer) yang dikenal dengan istilah tukak lambung (ulcus pepticum).

Pada keadaan sakit terdapat borok-borok pada mukosa lambung. Borok terjadi akibat tidak seimbangnya sekresi asam lambung-pepsin dan mukus (produk kelenjar pada mukosa lambung yang berfungsi sebagai benteng bagi lapisan mukosa lambung). Karena lambung terletak di rongga perut bagian atas agak ke kiri (ulu hati), maka penderita biasanya mengeluh sakit di bagian itu. Biang keladi penyakit ini adalah zat yang dapat menginhibisi sekresi asam lambung. Misalnya histamin dan antiinflamasi nonsteroid. Kerja berat, pikiran tegang, tidak tenang, atau kurang tidur juga menyebabkan kadar asam lambung yang tinggi. Sering terlambat makan, kebiasaan minum obat yang bersifat asam saat perut kosong, minum minuman beralkohol, dan mengisap rokok berlebihan juga dapat menjadi penyebab penyakit ini. Demikian pula dengan infeksi bakteri Helicobacter pylory yang dapat menyerbu lapisan submukosa lambung.


Berdasarkan penyebab tadi, penyembuhannya dilakukan dengan menetralkan asam lambung, mengurangi produksi asam lambung, mengobati infeksi pada selaput lendir lambung, dan mengurangi rasa sakit akibat iritasi selaput lendir atau kekejangan otot dinding lambung. Obatnya, antasid, antihistamin, antikolinergik, demulcent (dapat mengurangi iritasi lokal pada tukak lambung, dan secara fisik melindungi sel-sel di bawahnya terhadap kontak dengan iritan dari luar). Khusus untuk sakit lambung karena infeksi H. pylory pengobatannya menggunakan antibiotika. Kepada penderita dianjurkan pula untuk makan dalam jumlah sedikit tetapi sering.

Gejala:
Perut terasa perih dan mual akibat terlambat makan

Penyebab:
Pola makan tidak teratur.
Gangguan pencernaan / lambung

Obat Tradisional

Bahan dan Pengolahan:

Kacang hijau 1/4 kg, kacang hijau dicuci bersih, kemudian dijemur/ keringkan, setelah itu digoreng tanpa menggunakan minyak/ sangrai hingga terlihat matang, Setelah matang angkat dan tumbuk hingga halus.
Hasil tumbukan/ bubuk kacang hijau tadi yang digunakan sebagai ramuan.
Setiap hari gunakan satu sendok makan bubuk kacang hijau tadi dicampur air putih segelas, minum hingga sakit berangsur hilang /sembuh.

Sampai saat ini di Indonesia sudah banyak obat-obat sakit maag yang dapat dibeli sendiri, biasanya kandungannya adalah antasida dan penghambat asam lambung dalam dosis rendah. Dengan penggunaan sesuai dosis anjuran keamanan obat, ini dapat dijaga.

Bagaimana cara kerja obat maag?

- Antasida bekerja dengan cara menetralisir asam lambung yang meningkat pada keadaan sakit maag, mengembalikan pH lambung ke normal yaitu sekitar 3-4 dari pH 1-2 saat keasaman lambung meningkat. Antasida bekerja lokal di lambung, dalam hitungan menit saat obat mencapai lambung.

- Golongan penghambat asam lambung bekerja pada pompa asam di lambung sehingga pengeluaran asam lambungnya dapat dikontrol. Obat ini bekerja setelah diserap oleh aliran darah di usus dan disalurkan ke lambung, mulai bekerja sekitar dua jam.

- Golongan obat yang dapat menjaga mukosa lambung yang bekerja sama untuk menjaga ketebalan mukosa pertahanan di lambung sehingga tidak mudah terkena sakit maag, mulai kerjanya sama dengan golongan penghambat asam lambung.
Untuk memilih obat maag yang tepat untuk kita yang terbaik adalah mengetahui pencetus timbulnya sakit maag. Selanjutnya kita dapat melakukan pencegahan terhadap pencetus tersebut. Pada saat terjadinya sakit maag, minum obat yang dapat menetralisir asam lambungnya supaya gejalanya dapat berkurang. Namun, jika keluhan berlanjut, segera ke dokter untuk memastikan penyakit yang anda alami.

Pada dasarnya sakit maag bisa sembuh asalkan dilakukan pengobatan yang menyeluruh dan tepat sasaran. Untuk kasus sakit maag yang fungsional selain mengkonsumsi obat-obatan, harus dilakukan upaya untuk menghindari faktor pencetus yang menjadi pemicu kambuhnya sakit maag. Untuk kasus sakit maag yang organik, harus dilakukan upaya menyembuhkan kelainan organik yang terjadi di lambung sehingga sakit maagnya tidak kambuh-kambuh lagi.

No Response to "Sakit Maag Dan Cara Mengatasinya"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dalam Batas Wajar

Related Posts with Thumbnails

Followers