Penyakit Stroke Dan Cara Mencegahnya

{ Posted on 3:02 PM by KomunitasBloggers }

Sakit stroke saat ini tidak saja dialami oleh orang yang menginjak usia tua, banyak diantara kita yang masih berusia 30 tahunan pun bisa bisa terkena stroke ringan, gejala stroke disebabkan oleh gaya hidup dan pola hidup yang tidak sehat yang selama ini kita lakukan. Memiliki penyakit stroke di usia produktif sangatlah menganggu, selain berbahaya penyakit ini bisa membuat kita menjadi pengangguran. Nah bagi anda anda yang sedang mengalami atau terkena penyakit stroke baca artikel ini.

Tanda dan gejala sakit stroke

Berdasarkan lokasinya di tubuh, gejala-gejala stroke terbagi menjadi berikut:

  1. Bagian sistem saraf pusat : Kelemahan otot (hemiplegia), kaku, menurunnya fungsi sensorik
  2. Batang otak, dimana terdapat 12 saraf kranial: menurun kemampuan membau, mengecap, mendengar, dan melihat parsial atau keseluruhan, refleks menurun, ekspresi wajah terganggu, pernafasan dan detak jantung terganggu, lidah lemah.
  3. Cerebral cortex: aphasia, apraxia, daya ingat menurun, hemineglect, kebingungan.

Jika tanda-tanda dan gejala tersebut hilang dalam waktu 24 jam, dinyatakan sebagai Transient Ischemic Attack (TIA), dimana merupakan serangan kecil atau serangan awal stroke.

Tips Menghindari Penyakit Stroke

· Periksa tekanan darah secara rutin
Riset menunjukkan bahwa rajin mengontrol tekanan darah dapat mengurangi 40% resiko stroke.
· Singkirkan tembakau
Hasil studi memperlihatkan bahwa menjauhi tembakau seperti halnya rokok, mengurangi resiko stroke sampai 33%,
· Periksa Leher
Mintalah pada dokter untuk mendengarkan bunyi mendesing di leher. Ini penting jika anda mengalami aterosklerosisi atau pengerasan dan penebalan pembuluh darah yang menyebabkan tersumbatnya aliran darah.
· Olahraga
Riset menunjukkan bahwa mereka yang mulai latihan pada usia 25-40 tahun, resiko terserang stroke berkurang 57%. Sedangkan yang mulai latihan pada usia 40-55 tahun, kesempatannya hanya 37% lebih baik untuk terhindar dari stroke.
· Konsumsi sayur dan buah
Asal hijau atau orange, santap saja! Terlalu dini menyebut betakaroten dapat mencegah stroke. Tapi mengkonsumsi sayuran berwarna hijau dan buah-buahan setiap hari sangat baik.
· Konsumsi potassium
Riset menegaskan bahwa mengkonsumsi makanan kaya potassium sehari-hari dapat mengurangi resiko 40%. Kentang adalah sumber potassium yang baik, selain alpukat, kedelai, pisang, salmon dan tomat.
· Aspirin
Aspirin sering disebut memnbantu mencegah stroke.
· Kurangi Lemak
Apa yang baik bagi jantung anda, baik pula bagi otak anda. Menjaga kadar kolesterol berarti menghambat aterosklerosi dan stroke. Makanlah lemak tidak lebih dari 25% kebutuhan halori.
· Jauhi Alkohol
Memang ada penelitian yang menyebutkan bahwa dalam jumlah tertentu, alcohol bisa mencegah stroke dan serangan jantung, tapi akan lebih baik kalau anda tidak meneguk alcohol karena tidak pernah jelas ukuran minum.
Nah itulah sedikit tips mencegah penyakit stroke.

No Response to "Penyakit Stroke Dan Cara Mencegahnya"

Post a Comment

Silahkan Berkomentar Dalam Batas Wajar

Related Posts with Thumbnails

Followers